Teman Lebih Penting Daripada Nilai

Bulan ini saya sedang disibukan dengan tugas akhir atau project work. Saya pikir ini mudah tapi nyatanya tidak, dituntut membuat produk dengan proposal, laoran dan guide book. Ya, ini akan mudah apabila dikerjakan oleh sendiri. Namun sayang, ini harus dikerjakan per-kelompok. hmm, sulit karena harus ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Satu Suara

Dalam membuat project hal yang pertama adalah judul bukan? tentu saja bukan! pertama adalah niat, kita sama kan dulu niat kalo beda pasti ribet hehe…

Kemudian tentukan judul, alhamdulilah semua anggota kelompok saya setuju dengan semua judul yang saya ajukan. Karena cuman saya yang ngajukan judul, yang lain diem.

Tingkat Kesulitan

Jujur, saya bisa saja membuat project yang dalam tanda kutip expert semacam membuat IoT Project atau Smart Home. Tapi saya menyadari bahwa kemampuan anggota kelompok tidaklah sama, ini kelemahannya.

Yang kedua katakanlah saya master dan ambil project expert lalu memberi pemahaman tentang project kepada anggota kelompok, apa mereka akan memahami dalam kurun waktu beberapa minggu? belum tentu. Jadi ambil garis tengah saja, win-win solution

Kerja Sama

Kita tidak boleh dalam tanda kutip membunuh teman, satu project semua anggota harus mengerti. Harus ada kerja sama, satu anggota kelompok yang tidak serius, pastilah akan menghambat pengerjaan project. Dan terakhir, jujur saya bukan good leader. Saya orangnya egois 🙂

4 thoughts on “Teman Lebih Penting Daripada Nilai

  1. Beberapa kampus memang memasukkan metode #teamwork” dalam tugas2 kelompok. Ambil kesempatan ini untuk mengembangkan kemampuan leadership, manajemen khususnya dalam mengarahkan teman2 lainnya. Percayalah ini akan bermanfaat di masa depan..

    Like

Leave a Reply

