Pembunuh Kreativitas

Setiap orang itu jenius. Tapi jika kamu menguji ikan dari kemampuannya memanjat pohon, maka ikan di sepanjang sisa hidupnya ikan itu percaya bahwa dia bodoh.

-Einstein

Mereka hanya membuat anak-anak merasa tidak berguna dan membuat percaya dirinya bodoh. Tujuannya satu, hanya untuk mendapatkan ijazah setelah itu kami menjadi robot dan cuman sedikit yang “Menjebol sejarah”

Sistem mereka dari dulu tidak pernah berubah, bahkan sejak ratusan tahun yang lalu…
school-classroom-1908

Tidak ada yang berubah, dan mereka klaim menyiapkan anak-anak untuk masa depan. Right place for the future? success?

Delapan jam sehari bahkan lebih dengan break time yang amat sempit. Menyeragam kan anak-anak yang pada dasar nya berbeda dan unik.

Zaman sudah berubah dan semua sudah menjadi canggih, kalian?

Lebih mengedepankan tampilan seragam dibanding dengan bakat yang beragam… dipaksa untuk mengikuti kelas yang sangat amat membosankan, untuk sebuah nilai diatas yang mereka inginkan. Bersyukurlah kalian yang tidak terkontaminasi dengan ideologi jadul yang mereka terapkan.

Seperti seorang dokter yang memberikan resep yang sama kepada semua pasiennya, padahal mereka datang dengan keluhan yang berbeda… dan apa yang terjadi selanjutnya? ini disebut malpraktek. Tragis, bukannya sembuh malah sakit yang didapat.

Satu orang mengajar 40 anak, dengan latar yang berbeda, kebutuhan yang berbeda, bakat yang berbeda dan mimpi yang berbeda pula, semua sama dipukul rata.

Menggantungkan impian kepada pilahan ganda? sangat mengesankan, itu merupakan bukan syarat seorang untuk sukses, tapi bagaimanapun dipaksa melewati untu sebuah langkah kedepan.

Kita bisa melakukan upgrade terhadap komputer, atau customize pada halaman facebook, mempercantik tampilan website… dan hal yang sama bisa dilakukan terhadap sistem pendidikan, saya rasa. Update, upgrade.

Advertisements

3 thoughts on “Pembunuh Kreativitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s