Kamu Unik!

Saya suka membuat tulisan di blog atau membuat kutipan di status facebook. Beberapa teman saya itu adalah hasil dari pemikiran saya sendiri, namun pada kenyataannya tidak.

Kenapa? Jadi begini…

Sebuah ide tidak ada yang datang tiba-tiba, maksud saya murni dari pemikiranmu sendiri. Tapi, ya katakanlah itu adalah hal pertama yang kamu buat dan belum ada orang lain yang membuat hal serupa. Tapi, faktanya suatu idemu itu adalah hasil dari pengaruh lingkungan sekitarmu. Kamu secara tidak langsung terinspirasi dari bacaan yang kamu baca, film yang kamu telah tonton atau dari teman-tamanmu sendiri.

Ide-ide yang muncul dari saya biasanya terinspirasi dari teman-teman. Melihat tingkah laku mereka dalam menghadapi masalah dunia menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk mempelajari mereka.

Setelah itu kadang ide-ide tersebut saya racik manjadi formula untuk mengatasi masalah mereka, kadang ada yang menerima dan bilang saya keren padahal tidak. Ada juga yang menolak, itu terserah.

Atau kamu tahu? fitur Instagram story, Facebook quotes yang bisa berwarana (background) terus filter kamera Instagram juga itu “terinspirasi” dari mana? SC. Jadi, menurut saya mereka bukan “mencuri ide-ide” SC tapi membuatnya menjadi lebih baik, kira-kira begitu.

Skip…

Sebuah ide yang “baru” sebenarnya memiliki silsilah dari ide-ide sebelumnya, bedannya ide terbaru membuatnya lebih baik lagi, dan lagi begitu seterusnya.

Seperti ketika kamu mempunyai wajah yang tampan atau cantik, itu adalah perpaduan gen dari kedua orang tuamu. Kamu adalah hasil representasi yang “sempurna” dari mereka.

Skip…

Yang kamu harus lakukan untuk menemukan ide-ide yang baru dan mengubahnya menjadi sebuah karya, kamu harus mulai mencari inspiratormu sendiri, jangan hanya satu tapi sebanyak-banyaknya. Ketahuilah bahwa tidak ada yang benar-benar baru di bawah mentari.

Orisinilitas adalah Plagiarisme yang tak terdeteksi – William Ralph

 

Leave a Reply

